Ads 468x60px

Tuesday, September 6, 2011

Macam-Macam Formasi Dalam Sepakbola

Dalam sepak bola, selain kualitas pemain Formasi yang diterapkan sebuah team juga berpengaruh dalam subuah pertandinga. Formasi sangat berpengaruh karena merupakan kerangka team. Jika pelatih tidak piawai mengatur formasi yang cocok untuk teamnya, kemungkinan besar team itu akan kalah. Selain itu formasi juga berpengaruh kepada type team.
Ada yang ber-type bertahan, menyerang, dan ada juga yang normal. Langsung saja ini dia beberapa Formasi terbaik :

1. Formasi Semi-Defense 4-2-3-1


Mengapa Formasi ini dijuliki Formasi Semi-Defense? Jawabannya karena formasi ini mengandalkan sedikit pertahanan. Dengan 4 bek, 2 gelandang bertahan, 3 offensive midfield, dan 1 forward, Formasi ini tidak bisa dibilang Formasi bertahan dan juga tidak menyerang. Tetapi, Formasi ini lebih condong ke bertahan, maka disebut Formasi Semi-Defense. Pelatih yang memakai ini dan terbukti sukses adalah Josse Mourinho, Bert van Marwijk, dan Joachim Löw. Formasi ini mengandalakan 2 gelandang bertahan yang dapat membantu bek dan 3 offensife midfield.

2. Formasi Defense 5-4-1


Formasi ini mengandalakan defense yang kuat dan bersiap untuk melakukan serangan balik. Dengan 2 wing bek yang dapat maju kedepan saat serangan balik dan 2 side midfield yang bertugas memberi umpan kepada target man, formasi ini akan menjadi formasi serangan balik yang menakutkan. Biasanya, seorang target man yang dipilih harus bertipikal pekerja keras, lincah, dan memiliki kecepatan yang tinggi untuk mengejar umpan dan berduel dengan bek - bek lawan. Selain itu sang terget man harus bergerak cepat untuk memaksimalkan setiap peluang menjadi gol. Setiap pemain juga disarankan untuk melakukan tendangan spekulasi yang sulit ditahan oleh kiper. Tetapi jangan terlalu sering melakukan tendangan spekulasi, mengingat juga tidak harus bergantung pada keberuntungan tendangan spekulasi. Biasanya yang menerapkan formasi ini sering tidak disukai karena dapat membuat orang yang menonton bosan karena terus tertekan dan hanya mengandalkan serangan balik dan hanya menerapkan prinsip yang penting menang bukan bermain indah. Formasi ini sering dipakai oleh team yang kalah secara kualitas oleh team yang dilawannya. Seperti saat Yunani vs Argentina saat babak penyisihan group World Cup 2010, dengan Yunani yang menerapkan strategi ini.

3. Formasi Classic 4-4-2


Formasi ini sangat populer dulu saat tahun 90-an, tetapi sekarang sudah berkurang dengan ketidak efektifannya. Salah satu pelatih yang gagal menggunakan formasi ini adalah Fabio Capello yang menerapkan strategi ini pada team Inggris saat World Cup 2010, dan hasilnya Inggris terseok - seok di penyisihan group dan kalah terlak 4-1 oleh Jerman pada babak 16 besar yang menerapkan Formasi 4-2-3-1. Kelemahan strategi ini karena ketidak efektifannya 2 striker yang sering berebut bola, dan mungkin sudah banyak team yang dapat membaca alur permainan team yang menggunakan formasi ini.

4. Formasi Default Winning Eleven 4-4-1-1


Mengapa saya memberi nama formasi ini Formasi Default Winning Eleven 4-4-1-1? Jawabannya karena saya bingung mau dinamakan apa lagi. Berhubung ini adalah formasi default yang dipakai setiap team di Winning Eleven, saya namakan begitu. Formasi ini bisa dibilang lebih efektif dari 4-4-2 classic yang diatas, karena jelas terdapat 1 target man dan 1 penyerang lubang yang mengcoh bek lawan dan memberi umpan kepada sang target man. Untuk masalah pemain tengah dan bek, dalam formasi ini sudah tetap pengaturannya. Dengan Side Midfield yang dapat mengumpan langsung ke target man serta centre midfield berguna untuk memotong dan menjaga daerah tengah bidang permainan. Untuk bek, dipilih yang defense total untuk fokus menjaga pertahanan, tetapi juga bisa sekali - sekali maju pada saat corner kick untuk men heading bola.

5. Formasi 4-3-3


Formasi ini menurut saya adalah formasi menyerang paling sempurna.Terdiri dari 2 centre bek yang hanya fokus pada pertahanan, 2 full back, 3 centre midfield (1untuk di tengah, 2 untuk menyerang), 2 winger, 1 striker. Full back bisa diganti dengan Wing bek yang dapat membantucentre midfield atau bisa berubah peran menjadi Side Midfield dan Winger. Winger berfungsi untuk memberi umpan atau menerobos kotar penalti untuk memberi umpan kepada sang striker.

6. Formasi 4-2-4


Formasi menyerang ini dapat diterapkan jika sebuah team sepak bola memiliki 2 pemain sayap yang memiliki umpan silang yang akurat. Selain itu postur yang tinggi juga sangat membantu dalam pelaksanaan strategi ini karena memudahkan untuk memenakbngkan duel-duel udara dengan pemain belakang lawan. Dalam formasi ini banyak dilakukan umpan-umpan silang dari kedua sayap ke striker yang sudah berada di kotak penalty. Ketika 4 pemain terdepan menyerang pada daerah kotak penalti lawan, 2 pemain dibelakangnya yang bertugas sebagai gelandang bertahan ikut maju kedepan mengantisipasi kalau serangan itu gagal dan lawan melakukan serangan balik. 2 pemain gelandang bertahan ini menempatkan diri di wilayah kira-kira bola tersebut akan lepas control dari 4 pemain penyerang. 4 pemain bertahan mengikuti ke depan tetapi tidak ikut menyerang. Back sayap dapat maju agak kedepan untuk membantu gelandang bertahan menyerang. 2 back tengah tetap berada dibelakang tidak ikut membantu serangan.

7. Formasi 3-5-2


dalam formasi 3-5-2 biasanya ada 2 holding midfielder dan 1 playmaker yang bertugas sebagai pengontrol lini tengah.holding midfielder bertugas sebagai tembok pertama penghalau serangan sehingga bersifat fleksibel(holding midfielder juga harus mampu berperan sebagai bek dan gelandang serang).formasi ini untuk menguasai lini tengah.ada pepatah dalam sepak bola.bila ingin menang sebuah tim harum menguasai lini tengah.formasi ini menuntut endurance dari pemain sayap/wing back yang harus rajin naik turun.ini merupakan formasi yang sangat familiar di liga Indonesia karena hampir semua tim menggunakannya.

8. Formasi 4-3-2-1


Formasi 4-3-2-1 kelebihannya adalah, keseimbangan baik pertahanan, lini tengah dan penyerangan, kosongnya posisi sayap (karena kecenderungan penyerangan dilakukan mulai di tengah dapat di tutupi oleh kemampuan wing back untuk membantu serangan)

Sumber : Soccer Blog

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Sebelum keluar jangan lupa komentar ya.. Tapi jgn gunakan spam...!!